Perkenalkan, saya anak pertama dari 3 bersaudara. Penakut, pemalu, lebih suka duduk di sudut atau belakang sebuah ruangan, atau bersembunyi di balik punggung orang, selalu pusing di keramaian, tidak bisa naik motor, tidak pandai berenang, dan takut kucing. Saat ini sedang belajar masak, belajar tidak lama-lama di depan layar ponsel, belajar tidak berharap dengan siapapun, dan belajar ikhlas.

Pemikiran yang baik. Arti dari nama yang disematkan oleh orang tua saya, berharap saya bisa jadi orang dengan pikiran yang baik. Saya tidak paham betul, pemikiran yang baik itu seperti apa. Baik sendiri punya arti yang luas. Definisi baik bagi satu orang…


Belum lama ini saya memutuskan untuk deactive akun twitter. Sebelum memutuskan untuk deactive, saya berulang kali login, membaca timeline, lalu merasa gelisah. Berkali-kali dalam sehari. Seperti ada yang dicari tapi tidak tahu apa. Tidak munafik, sebuah notifikasi baik berupa like, reply, retweet, atau apapun itu, membuat saya merasa “eksistensi” saya diakui oleh orang lain.

Tidak ada notifikasi sebenarnya hal biasa, tapi karena terbiasa “di-notice”, semua itu jadi hal yang tidak biasa. Moodswing seketika. Saya mulai merasa semua ini tidak sehat.

Sebenarnya sudah lama sekali ingin mengurangi sedikit demi sedikit penggunaan medsos tapi ada satu dua hal yang membuat saya harus…


Pemikiran yang baik.

Arti sebuah nama yang diberikan kepada anak kecil yang saat kelahirannya ayahnya bisa memperoleh pekerjaan.

Bukan berasal dari keluarga punya, tapi keluarga biasa yang berharap anaknya bisa jadi orang. Dilahirkan dari rahim seorang wanita yang tangguh, yang tanggal lahirnya sama dengan Kartini.

Latar belakang orang tua yang amat berbeda membuat anak ini belajar apa itu perbedaan. Bukan anak vokal yang bisa menampakkan suaranya dengan lantang didepan orang lain, apalagi orang asing. Anak ini suka mengamati. Rasa penasarannya yang tinggi membuat dia bisa mengetahui bagian terburuk dari seseorang yang dia ketahui.

Misteri. Pikirannya seperti labirin. Sekali kau masuk…

Tupai kacang

kadang-kadang nulis

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store